Powered By Blogger

Wednesday, December 28, 2011

Kembali ke Singapore (Part 2)

Lanjutan postingan yang sebelumnya, sekarang cerita yang bulan Oktober yak. Sebenernya udah lupa banget kemana ajah waktu itu jadi gw bakalan cerita ke tempat2 yang emang berkesan ajah yak.


Oktober 2010


bule2 lagi motoin Merlion

     Tujuan gw ke Singapore yg ke2 kali dalam taun ini sedikit berbeda. Bulan Oktober ini kebetulan kontrak kerja teteh sebagai auditor di sebuah kantor akuntan publik Singapore udah abis. Jadi teteh mau pindahan & pulang ke Indo. Gw ditawarin kesana sekalian bantu2 packing (walopun rencana awalnya cuma gw yg kesana tp akhirnya bonyok ikut jg) barang2nya teteh. 

     Singkat cerita berangkatlah gw, mamah, papap ke Singapore (kali ini direct flight Jakarta - Singapore). Ini pertama kalinya gw berangkat naek pesawat langsung ke Singapore (sebelum2nya mah karena dulu tinggal di Batam deket bgt jd selalu naek ferry). Oiya ada kejadian tak terlupakan (embarassing moment lah >.<), jadi karena atas dasar penghematan budget kita sekeluarga bekel rendang sekantong. Pas lewat scanner pemeriksaan barang tas gw diperiksa ama petugasnya dan gw baru inget rendang itu ada di tas gw. Tanpa ragu petugas itu ngeluarin sekantong rendang dari tas gw sambil nanya,


"ini apa dek?" (ngapain pake nanya udah keliatan kok itu rendang), 
gw jawab,
"rendang bu" (sambil menahan malu & memasang muka biasa ajah ke tatapan org2 yg lewat)
"kalo ini?" 
(ngeluarin sebungkus kantong kecil yg gw ga tau kenapa bisa ada disitu yg keliatannya kyk sambel pete) 
"sambel" (~____~)
Ibu petugas itu terus nanya ke petugas laen (semacam diskusi itu boleh apa ngga), dan akhirnya,
"maaf ya dek yg ini (sambel) ga bisa dibawa"
"iya gapapa" (udah ga peduli jg gw udh malu bgini >.<)

     Usut punya usut ternyata org rumah ada yg nyelipin sambel pete. Sambel pete itu berminyak bgt dan pastinya bau pete (panteslah ga boleh dibawa ke pesawat). Standar penerbangan international jg melarang penumpang membawa barang liquid (cairan) lebih dari 100ml ke dalem kabin pesawat (noted!!). Tapi masih untung deh rendangnya lolos soalnya itu buat 3 hari di sana (hahaha ;p). 
     Terusnya, you know lah ya setiap nyampe airport (Changi) pasti berurusan sama imigrasi dulu lah ya (entah knp gw selalu males kalo ketemu imigrasi). Tapi kali ini gw ga mengalami masalah apapun (ga kyk pas mau balik ke Indo kemaren). Petugas imigrasinya friendly bgt, nanya2 Bogor itu dimana & cerita2 katanya dia mau jalan2 ke Demak kalo ga salah :). 
     Dari Changi Airport langsung naek taxi ke hotel (hotel yg sama waktu bulan Maret kemaren). Abis itu jalan2, seperti biasa jalan2 favorit ya ke Orchard rd., Bugis street, etc. Oiya waktu itu bulan Oktober kan pas bulan puasa jadi ya ga kalap jalan kesana - kemari yg ngabisin energi. Sempet kesorean juga waktu itu jadi buka puasa di Bugis Junction makan chewy (semacam kue sus lah ya kalo di Indo). Besoknya kita juga sempet ke Lucky Plaza beli Ayam Penyet Ria yg cukup populer di Singapore (ini resto yg dikelola org Indo asli loh, bangga lah ya :)). Dan gw baru tau b.Inggris nya ayam penyet itu 'smashed fried chicken' (sounds funny haha). Lumayan memanjakan lidah walopun menurut gw sambelnya kurang nendang soalnya udh disesuaikan lidah org Singapore.
Terus juga nyobain fried vegetable (semacam bala2 / bakwan) yg super gede seharga S$1. Kalo dipikir2 S$1 = Rp 6500 kalo di Indo mah bisa dapet lebih dari sepuluh kali yak ahaha. 
    Malemnya kita ke Little India (lagi) seperti biasa ke supermarket beli macem2 coklat buat oleh2 & minta kardus bekas buat packing brg2 teteh. Udahnya pulang ke hotel & ga lupa teraweh ya teuteup sayang kan bulan puasa :). Malemnya gw, teteh, mamah ke flat-nya teteh jalan kaki sekitar 500m dari hotel kita nginep. Yang namanya packing buat pindahan itu lumayan cape lah ya & sampe ga nyadar kalo udah jam 2 pagi (hooaam ngantuk). Alhasil jam 2 pagi kita nyeret2 kardus gede di trotoar kota Singapore yg sepi. Tapi entah kenapa suasana di Singapore itu ga serem & berasa aman pdhl ga keliatan satu pun ada polisi deket situ. Yak pantes lah ya Singapore itu termasuk salah satu kota teraman di dunia.
     Besoknya, agak bingung pengen kemana lagi, antara pengen ke Singapore Zoo atau Jurong Bird Park atau Universal Studio. Tapi akhirnya malah ke Marina Bay buat foto2, sempet ujan juga bentar & neduh di bawah jembatan bersama rombongan bpk2 & ibu2 heboh (kyknya dr Hongkong *sok tau). Foto2 di depan Merlion udah pasti jadi favorit buat wisatawan yg dateng ke Singapore. Udah puas foto2 disitu lanjut ke Marina Bay Sands. Marina Bay Sands itu hotel yg di atas ada Sky park berbentuk kapal (sempet dibecandain ama teteh katanya itu kapal beneran kalo2 Singapore tenggelem itu kapal penyelamatnya *yakali bisa ngapung hahaha). Yak kita kesitu bukan buat nginep apalagi maen kasino tapi mau naek ke Sky Park-nya. Tiket masuknya sekitar S$20 (kalo lansia bisa dpt diskon & karena bokap udh termasuk lansia jd dpt deh diskon-nya hihihi ^.^V).
Udah beli tiket terus kita dipinjemin semacam telepon (lebih kyk remote tv bentuknya menurut gw -__-) yg berisi informasi ttg Marina bay dan Singapore. Buat naek ke Sky Park ada lift khusus yg lumayan cepet soalnya Sky Park ini ada di lantai paling atas a.k.a lantai 57 (kalo ga salah). Dari atas sini bisa ngeliat 360' landscape Singapore bahkan (kalo ga mendung kyk waktu itu) bisa keliatan Johor (Malaysia) & Batam (Indonesia). Dan ternyata ada kolam renang & bar juga di situ. Sayang kolam renangnya cuma buat tamu yg nginep. Udah puas dari situ langsung balik ke hotel lagi buat packing soalnya besok udah balik ke Indo.

Marina Bay Sands (right) & Singapore Flyers (left)
Singapore Flyers (behind) from Sky Park
Swimming pool in the Sky Park of Marina Bay Sands
     Yak ini jalan2 gw ke Singapore di tahun 2010. Cukup singkat tapi lumayan membangkitkan memori waktu dulu taun 98an ke sana yg kalo dibandingin Singapore sekarang bener2 makin maju, bersih, dan nyaman buat warganya maupun wisatawan yg dateng. Perlu dicontoh nih bagi Indonesia biar bisa mengembangkan pariwisatanya lebih baik lagi. Menurut gw Singapore ga terlalu banyak yg bisa dinikmati (cukup 2 - 3 hari ajah udah 'khatam') tapi mereka punya 'magnet' yg selalu bikin wisatawan pengen balik lagi kesana. Termasuk gw mudah2an kalo ada rejeki pengen jalan2 lagi kesana (soalnya belom masuk ke Universal Studio..haha).

Thank you & see ya again Singapore!! :)

1 comments:

zikiziw anak gaul Singapore. bisa sih ajak gue kalo maen ke US :)

Post a Comment