Powered By Blogger

Sunday, April 1, 2012

Lost in Thailand: The Grand Invitation!

the Grand Invitation!

We already in Bangkok! yeay!!
and the story continues....
(Masih) 2 Maret 2012,

     Badan masih pegel + ngantuk tapi ga menyurutkan semangat kita buat jalan - jalan muterin Bangkok hari ini. Abis sholat dzuhur kita langsung keluar hostel dan jalan kaki menyusuri jalanan Bangkok. Sebagai backpacker sejati kita milih jalan kaki soalnya selaen murah juga sehat (haha). Cuaca Bangkok sangat 'bersahabat' (maksudnya panaaasss ~_~) hari ini, lumayanlah kyk sun bathing (yakali). Tujuan pertama kita ke Democracy Monument (Anusawari Prachathipatai). Foto - foto di seberangnya karena agak susah kalo nyebrang langsung ke monumennya. Dari situ kita lanjut jalan kaki ke Giant Swing. Letaknya yg di tengah jalan agak ngeri juga nyebrang ke situ secara mobil2 di Bangkok ngebut2 kyk di Jakarta. Sesuai namanya Giant Swing (Sao Ching Cha) ini besar dan tinggi banget. Dulu ayunan ini dipake beneran loh buat semacam perayaan 'The Swing Ceremony' gitu, tapi sejak banyak korban berjatuhan ga dipake lagi sampe sekarang (ngeri juga bayanginnya :o). Di seberang Giant Swing ada Wat Suthat, tadinya kita mau masuk tapi karena bukan tujuan kita kesini dan krg minat jadi kita foto2 aja di depannya (hehe). Lanjut lagi jalan kaki ke tujuan utama kita Grand Palace. Oiya selama kita jalan kaki di trotoar ternyata byk juga ya motor yg lewat kyk di Jakarta (hmmm..ada temennya tuh tkg ojek di Jakarta :p).   
Democracy Monument
The Giant Swing
across from Wat Suthat
Giant Swing (the view from Wat Suthat)
     Nyampe di depan Grand Palace keliatan dinding putih panjang besar. Nah, sekarang masalahnya kita ga tau masuk lewat mana soalnya pintunya banyak. Setelah nanya2 tkg tuk - tuk yg sok akrab & ngira kita orang Thai (lagi2 dikira org lokal ~,~) kita jalan ke sisi kanan dinding Grand Palace. Kita jalan masuk ke dalem gerbang dan udah keliatan bangunan2 yg megah dan berkilauan (saking panasnya). Kita ke loket beli tiket masuknya seharga 400 Baht / org. Tiket harga segitu emank cukup mahal sih tapi dijamin ga nyesel soalnya keren bgt ini Grand Palace. Tiketnya juga udah termasuk buat ke Vimanmek Mansion, tapi karena kita ngejer waktu jadi ga sempet ke sana. Masuk ke area dalem Grand Palace dapet booklet loh, waktu masuk di depan gw byk rombongan dr China alhasil gw malah dapet booklet yg bahasa cina juga (haaaiyyyaah T__T). 
the Grand Palace wall
the view from Outer Court
the Outer Court (main gate)
the Outer Court
     The Grand Palace (Phra Borom Maha Ratcha Wang) ini merupakan komplek istana tempat tinggal Raja Siam (skrg Thailand). Raja2 terdahulu tinggal di komplek istana ini kalo Raja sekarang yg sekarang bertahta udah ga tinggal di situ. Karena disebut komplek istana, udah pasti istana ini terdiri dari beberapa bagian. The Outer Court atau Khet Phra Racha Than Chan Na ini bagian luar atau gerbang kalo pertama kali kita masuk & beli tiket. Bagian dalemnya / tengah disebut  the Middle Court atau the Khet Phra Racha Than Chan Klang. Di sisi dalem ini ada Phra Si Rattana Chedi (Candi yg kyk kubah emas), The Temple of the Emerald Buddha atau Wat Phra Kaew, dan masih byk lagi (ga apal :p). Begitu kita masuk ke Middle Court ini kita disambut sama patung besar & tinggi (yaksha) penjaga gerbang. Patung ada di setiap gerbang di bagian Middle Court ini. Ada juga bangunan emas yg menjulang tinggi yg disebut Phra Si Rattana Chedi. Disebelahnya Phra Mondop (the Library). Disekitarannya banyak patung2 Garuda, Nok Tantima, dan Kinon yg stunning abis. Ga jauh dari situ ada The Temple of the Emerald Buddha atau Wat Phra Kaew yg tadi udah gw sebut. Masuk ke sini harus lepas sepatu, topi, dan ga boleh pake kamera (walopun kamera hape sekalipun). Sempet ditegor juga sih gw gara2 pake topi soalnya diluarnya ga ada tulisan disuruh lepas topi. Di dalemnya ada petugas yg siap negor turis2 yg bandel foto2. Tapi kalo mau foto boleh dari bagian luar bangunannya. 
giant demon (yaksha)
Phra Si Rattana Chedi
Phra Mondop
Nok Tantima
ga mirip kan sama yg di belakang? haha
The Temple of The Emerald Budha
     Lanjut ke bagian barat istana kita nemu ada mesin aer gratis (berasa nemu harta karun *terharu T__T). Kayak yg udah gw bilang dari tadi cuaca lagi hot - hot nya (sampe terngiang2 lagu K-Pop "Hot summer~ Hot..Hot Summer~" apadeh) kita berteduh dulu sekalian ngisi botol aer sampe penuh (ga mau rugi). Abis menghapus dahaga, kita ke bagian luar Middle Court ke arah barat. Di sana ada The Phra Thinang Chakri Maha Prasat buildings atau Balairung Chakri Mahaprasat. Bangunannya keren abis agak2 bergaya eropa dicampur Thailand. Di depannya ada Royal Guard atau tentara penjaga yg siap siaga kyk patung. Alhasil byk turis2 yg pengen foto bareng di sebelahnya (sabar ya mas hahaha) termasuk kita (hehe). Disebelah bangunan ada semacam museum senjata2 yg digunakan sejak jaman perang dulu. Sayang banget masuk ke situ juga ga boleh foto2. Kita lanjut lagi muter ke bagian lain kompleks sampe akhirnya ga sadar udah agak sore. Masih banyak tempat yg mau kita datengin di Bangkok kita langsung keluar deh. 
mesin aer gratis :D
Chakri Mahaprasat
Royal Guard
Chakri Mahaprasat
Still many places to be visited...
--------------------------------------------------------------------------------------------------

Cost:
  • Grand Palace ticket= 400 Baht (Kurs 315) = Rp 126.000,-
Notes:
  1. Masuk ke Grand Palace harus pake pakaian sopan (Celana panjang, sepatu).
  2. Bawa Botol aer kalo kosong bisa diisi di mesin aer gratis di dalem Grand Palace (lumayan hehe).
  3. Yang ga kuat panas jangan lupa pake topi atau bawa payung sekalian.
  4. Enjoy the Grand Invitation of the Grand Palace! :)


0 comments:

Post a Comment