Powered By Blogger

Thursday, April 18, 2013

Lost in Thailand: The Lanna Kingdom Heritage!

Wat Chedi Luang

4 Maret 2012,
     Siang ini kita lanjut keliling kota Chiang Mai. Dari Chang Phuak gate kita jalan kaki ke arah Three Kings Monument. Berenti bentar disitu buat ngisi perut (lagi - lagi roti + abon). Terus foto2 di depan monumen itu (padahal ada anak cewe yg lagi ibadah di belakangnya :p). Three Kings Monument ini monumen patung 3 raja (you don't say!), dibangun sebagai simbol perkongsian 3 raja di wilayah Thai utk membangun kota Chiang Mai (selengkapnya googling aja ya :p). Btw kalo diliat selewat kayak raja2 di Jawa gitu loh. Dari situ lanjut liat wat2 yang ada di sepanjang jalan. Nemu yang jualan Thai ice tea kita tergoda juga beli segelas berdua (bukan biar romantis ya tapi biar hemat :|).Thai ice tea ini seger banget, maklum walopun cuaca di Chiang Mai terasa lbh adem tp mataharinya tetep nyengat si kulit.
     Jalan terus sampe akhirnya nemu Wat Chedi Luang. Pas masuk ke kompleks Wat itu ada segerombolan mbak2 yang lagi heboh foto2. Ngeliat kita, mereka langsung nyamperin kita terus ngomong,
"@#%&&;/-+()" ("fotoin kita donk" kira2 artinya kyk gitu, sambil ngulurin kamera)
"khap!" (saut Hepi)
Selesai foto,
"Nih bagus ga?" (kata Hepi)
"@#%&;*//+()" ("oke sip!" kira2 artinya juga kyk gini)
Wooh..hebat ya Hepi ngerti (hahaha).
Three Kings monument
Thai Ice tea
Wat Chedi Luang
     Wat Chedi Luang ini peninggalan dari Lanna Kingdom (penguasa Thailand utara) yang paling megah & jadi magnet wisata di Chiang Mai. Udah beberapa kali dipugar bahkan katanya arsitektur-nya sdh sedikit diubah jadi hilang ciri khas Lanna-nya (oh no!). Puas foto2 kita duduk sebentar di kursi2 yg ada di bawah pohon deket Wat itu sambil ngabisin Thai ice tea yg tadi kita beli. Jadi inget reality show pencarian jodoh 'The Bachelorette'  mereka syuting di kursi ini juga. Oiya di Wat Chedi Luang ini ada peraturan ga boleh bermesraan (ya kita mau bermesraan ama sapa juga? hahah). Nah, jadi inget lagi episode 'The Bachelorette' waktu itu pantes ya si cewe ama cowo-nya rada kikuk, yaiyalah orang ga boleh mesra2an (salahkan produser! Haha).
     Masih di dalem kompleks Wat Chedi Luang ada patung2 monk & Buddha tidur. Mirip yang di Wat Pho but it's smaller version. Ada juga Wat2 yang lain di sekitarnya. Hari makin sore, kita balik lagi ke arah Tha Phae Gate buat nyari tempat solat. Ada masjid yang wajib dikunjungin juga loh di Chiang Mai. Let's go!

Chiang Mai is such a peaceful city~
------------------------------------------------------------------

Costs:
  • Masuk ke Wat Chedi Luang dan sekitarnya Free!


Notes:
  1. Sebenarnya buat keliling kota bisa nyewa sepeda atau sepeda motor tapi kalo mau hemat & sehat jalan kaki! :)
  2. Angkutan umum tidak banyak di Chiang Mai, taxi yg lewat hanya sesekali terlihat.

0 comments:

Post a Comment