Powered By Blogger

Friday, December 21, 2012

Lost in Thailand: Good Morning Chiang Mai!




4 Maret 2012,
     "Brrrr...!!", dinginnya udara pagi langsung menusuk kulit. Kereta mulai pelan dan mulai masuk stasiun. Ya, stasiun Chiang Mai! (setelah hampir 15 jam perjalanan, Thank God!). Gw ama Hepi langsung turun trus ngambil free map di meja informasi. Dinginnya udara pagi Chiang Mai bikin kebelet pipis, jadilah gw kabur nyari toilet, Hepi nunggu di kursi ruang tunggu sambil ngutak - ngatik map gratisan tadi. 
     Abis balik dr toilet, trus liat - liat peta kita setujuin buat nyari hostel di sekitaran Tha Pae Gate. Di situ emang kawasan buat backpacker. Keluar dari stasiun bakalan banyak yang nawarin tuk - tuk, taxi dsb. Kita sih mendingan nyari di luar area stasiun soalnya takut dimahalin. Di pinggir jalan depan stasiun kita liat ada tuk - tuk lg parkir. Hepi langsung ngeluarin jurus tawar - menawarnya. Lumayan dapet 80 Baht sampe Tha Pae Gate, tapi sebenernya kata Hepi kalo mau nawar lbh giat lagi seharusnya bisa dapet 45-an Baht lho. 
Chiang Mai Railway Station
First time naek tuk - tuk ^o^
     Matahari mulai terbit, dinginnya pagi dikit2 mulai menghangat. Di sekitaran jalan ada beberapa pemilik toko / rumah yg lagi nyapu (jadi inget rumah :D ), nyiram2 taneman dsb. Chiang Mai berasa lebih damai daripada Bangkok (God, I'm fallin' in love with this city). Kita jalan kaki nyari Sri Phum Road, kawasan backpacker di area Tha Pae Gate. Karena mungkin masih pagi, banyak hostel yg masih tutup. Mutar - muter kesana kemari liat hostel juga banyak yg tulisannya 'Full'. Jalan lagi ke arah laen ketemu bapak2 yg lagi ngurus peliharaan, ditawarin kamar yg harganya 350 Baht (kalo ga salah) tapi itu juga disuruh nunggu sejam lagi (duh Pak..masih train-lag nih pengen buruan rebahan di kasur T__T). 
     Gw ama Hepi lanjut nyari hostel laennya yg lebih murah soalnya menurut Hepi dan blog - blog yg gw baca rate penginapan di sini lebih murah daripada di Bangkok apalagi di Phuket. Kita jalan lagi nemu gang kecil dan ada penginapan yg homie banget & lumayan murah lagi. Sayang tinggal ada yg tipe dorm dan pas kita liat juga banyak bule betebaran lagi ngorok (Oh No..kalo nginep situ kita belom siap iman kalo2 pas malem ada suara aneh2 di sebelah kita *eh). Frustasi udah 2 jam lebih ga nemu2 hostel gw ama Hepi sampe berenti & duduk di pinggir jalan. Raut muka Hepi keliatan kesel, emang sepanjang jalan tadi gw lebih sering ngekor di blkg Hepi tanpa ngasih solusi (Maap ya Hep ini lemes banget belom ngisi energi dari malem hehe ^^v). Terusnya kita putusin buat balik ke bapak2 tadi ajah.
     Sampe di penginapan bapak2 tadi ternyata kamarnya udah diambil orang (Damn! #%&@*@*/). Hmm..nyerah deh kita udah gatau mau nyari kemana lagi tiba2 ngeliat ga jauh  dari situ ada Hostel warna oranye. Mango Hostel namanya. Coba2 masuk kali aja murah. Pas masuk ada semacam bar kecil dan meja billiar juga. Kita ke front desk - nya, lah yg nongol bule (beneran ini resepsionisnya? O_o). Gw berasumsi ini emang punya bule Perancis soalnya gw liat ada bendera Perancis di mejanya. Akhirnya kita dapet kamar di sini dengan rate 300 Baht semalem. Pas liat kamarnya Wow! Ini lebih bagus daripada kamar kotak sabun di Bangkok (yeay!). Kita istirahat dan bebersih sebelom keliling Chiang Mai nanti siang.
-----------------------------------------------------------------
Costs:

  • Tuk - tuk dari stasiun = 80 Baht (kurs 315) = Rp 25.200,-
  • Mango Hostel rate = 300 Baht = Rp 94.500,-

Notes:

  1. Pandai2lah menawar tuk - tuk. Dari stasiun Chiang Mai ke Tha Pae Gate biasanya ga lebih dari 50 Baht.
  2. Kalo ga mau repot nyari penginapan kyk kita, booking dari jauh2 hari apalagi kalo berangkat pas peak or high season.
  3. Free map jangan lupa diambil di meja informasi di stasiun.

5 comments:

eh, indraaaaa hoho jadi kangen nih sama trip kita XD
haha itu gue bukan kesel sama elo, tapi sama keadaan, ya abis sepagian jalan gadapet-dapet penginapan gegara fully booked hehe
kapan lagi?

blm kesampaian sampai sini .... kayak nya bagus dan menarik

Iya harus kesini mas..so much better than bangkok :)

pengen ke Thai lagi ndra, kok tetiba ngajakin green canyon(?)

Post a Comment