Powered By Blogger

Sunday, January 13, 2013

Lost in Thailand: Shining Gold Temple Doi Suthep!

Chedi at Wat Phra That Doi Suthep
4 Maret 2012, 
     Abis bebersih, beberes, ngecas hape + kamera, menjelang siang kita keluar hostel. Siang ini kita mau ke Doi Suthep, salah satu tujuan wisata di Chiang Mai yang wajib dikunjungin. Mampir sebentar ke sevel buat beli aer terus lanjut jalan kaki area luar Tha Pae gate. Jalan kaki sampe deket Chang Phuak gate (gerbang utara) ada bapak2 nyamperin kita, dia nawarin songthaew ke Doi Suthep sekali jalan 100 Baht (50 Baht / org). Menurut Hepi segitu sih lumayan jadi kita setuju naek songthaew bapak itu. Naeklah kita ke dalem songthaew merah (di Chiang Mai rata2 warnanya merah semua) yg parkir di seberang jalan. Wah, ternyata ngetem, ya emang songthaew di sini kudu penuh dulu baru jalan (sama lah ya kyk angkot2 di Indo hihi). Ga berapa lama mulai deh pada masuk turis2 asing sampe penuh, bapak supirnya emang giat banget ngejar2 penumpang. Songthaew pun akhirnya jalan menuju ke Doi Suthep. Doi Suthep itu bukit kembarannya Doi Dui. Di sana ada Wat emas yang namanya Wat Phra That tapi wisatawan biasa nyebut Doi Suthep, jadilah nama ini lebih dikenal sebagai nama Wat daripada bukit.
     Setelah sejam-an perjalanan kita nyampe trus bayar 100 Baht ke pak supirnya. Dia bilang bakal nunggu ntar jam 1-an, kita sih bilang oke-oke aja tapi ya liat ntar juga kali yah Pak (hehe). Di sekitar Wat byk penjual souvenir dgn harga bersaing. Cukup tergoda juga sih kita but waaait...we should go to the temple first!. Untuk sampe ke Wat Phra That kita harus naek tangga ke atas bukit yg lumayan bikin bengek di tambah cuaca yg lumayan panas, untung ada angin sepoi-sepoi adem pegunungan. Pas mau naek tangga, ada anak2 kecil pake baju tradisional Thailand utara duduk di anak tangga. Ternyata anak2 ini di-obyekin ibu mereka sendiri buat wisatawan foto bareng (duh miris ya! :(). Anak2 ini pun udah ga segan menengadahkan tangannya minta duit pada para wisatawan yg ingin foto. Hepi nyuri2 kesempatan mem-foto mereka dari jauh tapi jadinya bluur (kurang beruntung saudara2 :p). 
Tangga ke Wat Phra That

Chang Phuak gate













     Nyampe di atas deket gerbang Wat Phra That ada tulisan "Foreigner Buy the Ticket Admission Fee 30 Baht". Sebenernya bisa aja sih kita nyelonong masuk tanpa beli tiket secara muka kita ga beda2 amat ama turis lokal (hehe), tapi kita harus tunjukin dong budaya orang Indonesia yang jujur dan bermartabat (halah! Haha). Masuk di pelataran komplek Wat Phra That kita nemuin banyak orang yang lagi berdoa di patung Buddha juga anak2 yatim piatu maen musik dan menari untuk sumbangan. Sebelum pintu masuk kita harus buka alas kaki, bisa ditaro deket pintu aja atau kalo mau lebih aman ada tempat penitipan sepatu (bayar lupa berapa Baht). 
     Wat Phra That ini Buddhist temple selayaknya temple - temple lainnya tapi disini lebih wah soalnya Chedi-nya warna emas. Warna2 emas Chedi dan patung2 Buddha yg kena pantulan sinar matahari jadi keliatan makin mewah. Di Chedi yg paling besar banyak wisatawan melakukan ritual mengelilingi Chedi itu sambil berdoa. Ibaratnya kayak tawaf di Ka'bah gitulah mungkin. Ada juga bule yg ikutan ritual itu, kita jadi ngikik sendiri (hihi). Di sini juga ada ruangan yg isinya monk lagi ngasih semacam doa atau berkah buat wisatawan supaya dapet jodoh ataupun langgeng sama pasangannya. Di pintu masuknya ada banyak lonceng bentuk hati dgn tulisan nama2 pasangan yg pernah berkunjung. Kita sempet kepikiran pengen ikutan masuk juga kali aja pulang2 dapet jodoh tapi gajadi ah malu (hahaha). 


Foreigner buy the ticket!
Anak - anak menari utk donasi
Pelataran depan



Para wisatawan sedang melakukan ritual mengelilingi Chedi
Wisatawan meminta doa / berkah
Pintu digantungi lonceng berbentuk hati

Lonceng cinta (?)
     Udah puas keliling di dalem kita keluar ke pelataran lagi. Di pelataran ini masih byk yang bisa kita liat seperti lonceng2 berukiran naga, gong, ukiran kayu dan banyak patung naga. Oiya, banyak benda disini diberi label nama & asal negara penyumbangnya. Gw liat ada yg nyumbang dari Malaysia, Singapore bahkan ada yg dari USA. Di pelataran belakang kita bisa liat panorama kota Chiang Mai dari ketinggian. Sayang bgt kabut dari efek kebakaran hutan yg melanda utara Thailand ini masih ada. Pemandangannya jadi berkabut walaupun tidak terlalu parah. 
     Istirahat sebentar terus kita balik lagi ke bawah. Liat2 souvenir di sini emang menggoda, selain handmade disini juga lumayan murah. Jadilah kita beli sedikit oleh2 buat orang rumah. Balik ke jalan, belom keliatan bapak supir songthaew yg tadi. Jajanan makanan di pinggir jalan ini juga menggoda perut kita yang belom diisi dari perjalanan kemaren. Kita beli strawberry dgn taburan gula pasir, penjualnya nawarin pake bubuk cabe tapi kita gamau takut rasanya jadi aneh (padahal katanya enak loh kalo pake cabe o_O). Lagi enak2 makan tiba2 bapak songthaew itu manggil2 kita, ternyata dia udah parkir dari tadi. Berhubung kita masih laper, kita nyari jajanan laen bukannya langsung nyamperin bapak songthaew itu (hehe :p). Ga sengaja liat label halal di salah satu lapak penjual makanan di seberang jalan, langsung kita samperin. Ibu2nya yg ngelayanin ramah bgt, pas gw tanya,"Halal food?", dia langsung nyapa,"Assalamuallaikum". Kita beli jajanan yg dibuat dari seafood yg bumbunya cuka pedes kayak pempek gitu. Enak banget pedes - pedes seger. 
     Perut kenyang, kita balik ke songthaew bapak tadi dan udah lumayan penuh jadi ga perlu nunggu lama lagi. Sampe di tempat kita naek (Chang Phuak gate), bayar lagi 100 Baht, bapak supir songthaew-nya yg ramah bilang,"See you again, bye!".

Ukiran kayu
Lonceng - lonceng
Pelataran belakang, pemandangan berkabut :(
Halal food stall
See you again, Doi Suthep :)

--------------------------------------------------------------------------

Costs:
  • Songthaew from Chang Phuak gate to Doi Suthep (PP) = 200 Baht (315) = Rp 63.000 / 2 = Rp 31.500,-
  • Wat Phra That ticket fee = 30 Baht = Rp 9.450,-
Notes:
  1. Cari songthaew untuk ke Doi Suthep di Chang Phuak gate (sebelah utara dari Tha Pae gate).
  2. Tawar biaya songthaew-nya, 100 Baht (PP) udah murah dibandingin yang disebut di internet bisa 80 Baht sekali jalan. 
  3. Masuk Doi Suthep bisa gratis kalo ga ketahuan tapi ya sebagai traveler / backpacker  yang berbudi baik mendingan beli tiket aja lah ya, 30 Baht ga terlalu mahal kan? :) 

4 comments:

thanks Indra udah bikin postingan ini.
gue udah bikin artikel ini juga, tapi masih 'ngetem' deh draft blog, ya abis catatan perjalanan lengkap ada di rumah di Jawa Timur, hoho...

eh eh ndra nostalgia yuk! beliin tiket ke BKK gitu, naik maskapai yg turunnya di Suwarnabhumi ya tapi... Hehe

hayuk atuhlah..kudu balik lagi ke Chiang Mai kan belom nyobain khao soi :)

serius nih... beliin ke BKK yg mendarat di Suwarnabhumi yak XD (tiger misalnya)

ayo-ayo... langsung sms gue aja ya kalo nemu yg murah. thanks,

thangga menuju wat prha that nya mirip ama vihara yang di sukabumi

Post a Comment