Powered By Blogger

Saturday, May 19, 2012

Lost in Thailand: Goodbye Bangkok! (part 1)

Another day in Bangkok...

3 Maret 2012,
     Hari kedua di Bangkok bangun agak siang, capek, pegel masih kerasa abis muter2 temple kemaren. Ditambah lagi keadaan keuangan yg menipis bikin galau buat menjalani hari ini. Untung punya temen nekat kyk Hepi jadi kebawa nekat jg, kalo partner traveling gw punya sifat sama kyk gw, mungkin hari itu juga kita langsung beli tiket balik ke Indo (hahaha). 
Setelah check-out sekitar jam 11an, kita nyari Masjid yg kalo ga salah kemaren gw liat letaknya ga jauh dari Soi Rambuttri. Kenapa nyari masjid? soalnya kalo ada masjid pasti ada muslim kan, kalo ada muslim berarti ada makanan Halal juga. Selaen itu perasaan kurang afdol ajah kalo belom ke masjid2 yg ada di kota yg kita kunjungin (hehe). Sempet bolak - balik kebingungan nyarinya tapi akhirnya nemu juga (maklum letaknya di gang sempit). 
   Masjid Chakrabongse namanya. Letaknya memang di gang kecil dan sempit, tapi bangunan masjid ini lumayan megah dibandingin masjid yg ada di gang sebelah rumah gw (haha~.~). Sayang masjid ini belom dibuka tapi kita masih bisa masuk gerbang dan foto2. Lanjut dari situ kita langsung berburu makanan. Sejauh mata memandang kita ga liat ada tanda2 yg jual makanan halal. Ada sih beberapa ibu2 yg sibuk masak di depan gang tapi diragukan kehalalannya. Akhirnya kita nemu warung makan kecil dengan tanda bulan sabit bintang (^^ yeay). Penjaganya ibu2 keturunan India dan seperti biasa ga jelas bahasa Inggris-nya. 
"We just have rotee"
"How much?"
"Fifty Baht!"
"......" (glek..nelen ludah)
Lagi galau2nya gara - gara duit udah nipis, ini lagi rotee doank mahal abis 50 Baht per porsi. Selama di Thailand rotee itu bentuknya yg gw liat cuma kayak roti maryam kalo di Indo mah, bedanya di sini dikasih taburan gula + susu kental manis. Nyampe di meja kita penampakan rotee ini porsinya ga terlalu besar (dan gw masih ga percaya harganya semahal ini T___T). Abis makan kita langsung bayar ke ibu itu pake selembar duit 100 Baht. 
"Gimana? Enaak? Ga enaak? Enaak?" (lho kok jadi iklan mie Sed***p? :p)
"Aroi mak krab!" (enak, kata Hepi)
Nah abis itu langsunglah kita ngacir, eh tiba2 si ibu itu manggil2 lagi trus ngasih kembalian 70 Baht. Lah, perasaan tadi katanya seporsi 'Fifty Baht'? atau si ibu ngasih diskon? Setelah diitung berarti harganya seporsi 15 Baht. Ternyata yg dimaksud si ibu 'Fifty Baht' itu 'Fifteen Baht!' (-_____- ah kalo tau gitu tadi ga usah pake galau kan makannya). Tapi alhamdulillah deh ya jadi bisa hemat.
Masjid Chakrabongse

Ibu penjaga warung lagi masak rotee

warung Halal di sekitar masjid

Rotee
     Fenomena 'Fifty / Fifteen' ini ternyata kejadian lagi pas nanya nomer bus kota tujuan MBK di tourist information deket situ. Mas2-nya bilang,"Bus number Fifty/teen(?)". Bingunglah kita itu maksudnya 'Fifty / Fifteen' tapi dari kejadian di warung tadi Hepi yakin pasti yg dimaksud itu 'Fifty'. Kita nunggu bus di depan 7-11 kyk yg disuruh mas2 di tourist information itu. Cukup lama bus ga nongol2 dan hampir nyetop taksi, dan akhirnya bus lewat juga. Bus-nya lumayan tua dengan ac angin sepoi - sepoi dari jendela yg kebuka lebar. 
     Kita nyampe di MBK (Mah Boon Krong), salah satu Mal terbesar di Asia. Masuk mal kita langsung nyari tempat penitipan tas secara ga mungkin jg kali ya bawa2 backpack gede keliling mal. Bag deposit di MBK ini ternyata gratis loh, ada map2 gratis juga yg langsung kita sikat. Kita cuma perlu isi formulir (data diri, no. passport, bag value, dll) sebelom nitip. Dari situ  kita nyari ATM. Di MBK ga perlu bingung nyari atm atau money changer soalnya banyak banget tiap lantai. Karena keuangan kita mulai menipis, kita putusin buat narik duit secukupnya buat jaga2 kalo keabisan duit di tengah jalan kan ga lucu lah ya. Pertama Hepi sukses narik beberapa lembar Baht dari atm, trus gw nyoba juga buat narik, kebetulan gw nasabah bank syariah dan ternyata kartu gw ditolak. Padahal kalo ada logo Visa / Mastercard seharusnya bisa dipake di ATM di seluruh dunia kan ya, apa karena kartu gw syariah? Akhirnya gw putusin buat nuker Rupiah yg ada di dompet gw aja di money changer. Dari beberapa blog yg gw baca sebelom berangkat ke Thailand, sebenernya emang sangat tidak dianjurkan buat nuker Rupiah di sini karena bakalan rugi banget. Tapi ga ada pilihan laen lagi gw pasrah dan bener aja duit Baht yg gw dapet sekitar 40% lebih sedikit ketimbang kalo nuker di Indonesia (T~~~T hikss). 

MBK (Mah Boon Krong)
-------------------------------------------------------------------------------------------
Costs:
  • Rotee for Brunch = 15 Baht (Kurs 315) = Rp 4.725,-
  • Bus (No.15) to MBK = 6,5 Baht = Rp 2.047,5
Notes:
  1. Kalo mau nyari makanan Halal paling gampang ya nyari masjid, pasti ada yang jualan makanan di sekitarannya.
  2. Bus kota banyak banget, tanya dulu no. bus sesuai tujuan di tourist information booth.
  3. Bus ada yang masih bagus, ada yang udah lumayan tua, dan biaya yg ditarik kenek per orangnya juga beda, lebih sedikit mahal pada bus yang masih baru / bagus.
  4. Bag Deposit di MBK ada di lantai 6, buka dari jam 11.00 s.d. 21.00, diharuskan mengisi formulir data diri (termasuk bag value max. 1000Baht).
  5. Sangat tidak disarankan untuk menukar uang Rupiah di Bangkok karena nilainya sangat rendah di sana. Lebih baik tukar Rupiah ke Baht di Indonesia atau kalo tetap ingin menukar di sana lebih baik bawa USD. 

0 comments:

Post a Comment