Powered By Blogger

Monday, April 22, 2013

Lost in Thailand: The Muslim Heritage!

Baan Haw mosque
4 Maret 2012,
     Kita balik ke arah Tha Phae Gate, katanya GPS deket sini ada masjid. Di Tha Phae Gate udah mulai rame pedagang jualan buat 'Night Bazaar' ntar malem. Lagi - lagi bermodalkan GPS dan map gratisan kita nyari masjid itu. Sekarang nasib kita berdua ada di tangan gw (ah lebay!), ngikutin arah yg ditunjukin GPS kita jalan ke arah selatan. Makin lama makin jauh makin ga keliatan di map (die!). Udah mau nyerah, mau nanya orang segan (malu bertanya, mati di jalan!). Sampe akhirnya secercah harapan itu muncul (halah), Chang Khlan rd!. Ah kita nyasar lumayan jauh. Liat map & GPS lagi ke arah Chang Khlan rd. Tapi masalahnya soi-nya banyak (soi=gang). Kita telusurin dari soi-nya satu2. Sempet ngeliat jembatan yg Hepi yakin itu setting-nya film Suckseed (pas adegan Ped galau malem2 di jembatan itu). Deket dari situ akhirnya nemu juga plang-nya Baan Haw Mosque / Masjid Hidayatul Islam Banhaw (thank God). 

Kompleks Masjid Baan Haw
     Baan Haw Mosque ini salah satu tempat yg wajib kita kunjungin. Beda dengan masjid2 laen yg ada di Thailand, arsitektur masjid ini bergaya China & Arab. Kenapa bergaya China? Soalnya muslim di sini datang dari Yunnan. Keliatan dari tulisan2 yg ada di masjid ini banyak Chinese letter-nya. Orang2 yang berlalu-lalang di sini juga keliatan sipit2. Kompleks masjid ini cukup luas, ada sekolahnya juga (mungkin kyk madrasah gitu kali ya?). Waktu kita dateng bangunan masjid ini sepertinya masih keliatan baru dipugar (beda sama foto di internet). Di sekitaran masjid banyak rumah makan yang berlogo Halal. Kayaknya besok ga usah khawatir kalo mau nyari makanan Halal soalnya di situ banyak banget pilihannya. 
Masjid bernuansa oriental
Pintu depan masjid
     Selesai solat Hepi masih penasaran sama jembatan yang tadi kita lewatin. Itung2 sambil nunggu malem, kita balik ke arah jembatan tadi. Pas nyampe situ gw sih masih ga yakin itu yg di film, tapi Hepi keukeuh yakin itu jembatan yg ada di film Suckseed (haha). Udah mau sunset, perut mulai keroncongan, ayo kita ke Night Bazaar!
                                          Jembatan inikah setting film Suckseed (?)
--------------------------------------------------------------------------------
Costs:

  • Masuk masjid Free!
Notes:
  1. Karena ini masjid, pakaian harus sopan :)
  2. Alamat Baan Haw mosque / Masjid Hidayatul Islam: 58 Chang Khlan Rd., Chang Khlan, Muang Chiang Mai, Chiang Mai.


0 comments:

Post a Comment