Powered By Blogger

Friday, April 6, 2012

Lost in Thailand: The Reclining Buddha!

Another temple...
Another story... 
The reclining Buddha
     Hari ini masih panjang, keliling Grand Palace udah cukup menguras tenaga. Tapi sayang donk ya udah sejauh ini ga kemana2 cuma gara2 cape. Semangat kita membara membuang rasa cape (halaah...). Tujuan kita selanjutnya ke Wat Pho (The Temple of Reclining Buddha) yang terkenal sama patung Buddha tidurnya. Selaen itu Wat Pho juga dikenal sebagai 'tempat lahirnya Thai Massage'. Letaknya ga jauh dari Grand Palace jadi kita jalan kaki lagi. Masuk ke sini tiketnya 100 Baht per orang, udah termasuk dpt sebotol aer minum loh (yeaay \(^o^)/), dituker pk kupon yg ada di tiketnya. Kita masuk ke dalem, pertama yg kita temuin ruangan yg memamerkan benda2 kuno kyk guci, patung2 Buddha kecil, gong dll. Tepat di pintu keluar ruangan ini ada tempat sembahyang dan ada beberapa orang yg lagi berdoa di situ. Jadi agak kikuk gimana gitu pas lewat (takut ga sopan >.<). 
     Di Wat Pho ini juga bentuknya semacam kompleks. Ada banyak candi2 menjulang tinggi di sekitarannya. Kita sih langsung nyari ruangan yg ada patung Buddha tidurnya sebelom keliling liat candi2 itu. Masuk ke ruangannya kyk biasa harus pake pakaian sopan, lepas sepatu & topi, tapi di sini kita boleh bawa kamera & foto2 (hooraaay!! :D). Begitu masuk udah langsung keliatan gede banget patungnya. Yaiyalah gede, tingginya aja 15 m & panjangnya 43 m (wow! o_O). Saking takjubnya sampe2 gw ga sengaja nginjek kaki pengunjung laen (really really sorry ya sir >.<). Dan saking gedenya itu patung Hepi jg agak susah nyari angle yg pas buat foto biar keliatan semua dari kepala sampe kaki. Di kaki patung Buddha tidur itu ada gambar 108 simbol auspicious. Berjalan ke arah pintu keluar ada 108 guci berjejer yg katanya melambangkan 108 simbol auspicious itu. Pengunjung bisa nukerin koin Bath di situ buat ngisi guci2 tersebut satu persatu. Katanya sih buat peruntungan (good fortune hihi) tapi kita ga ikutan abis sayang duitnya ntar harus ngabisin 100an Baht donk (haha).
the reclining Buddha
Foot indicating 108 auspicious symbols of Buddha
     Keluar ruangan kita mulai keliling kompleks Wat Pho ini. Model candi & bangunan di sekitarnya ga beda jauh sam wat - wat yg selama di Thailand kita liat. Ada ruangan2 laen jg yg di dalemnya ada patung2 Buddha. Kita masuk ke ruangan laen yg cukup lega & adem (dan boleh foto lagi ^^) isinya ada patung Buddha emas stunning bgt. Udah foto2 di dalem kita keluar lagi keliling2 kompleks ga jelas sampe akhirnya nemu seorang monk yg masih muda & Hepi minta foto bareng sama dia (cieee...hahaha). Abis foto bareng Hepi si monk ini ngajak ngobrol Hepi, nanyain kita dari mana, mau kemana, sedang apa (lho jadi lagu? :p). Dari kemampuan bahasa Inggrisnya yg lumayan lancar kyknya ini monk berpendidikan sih, eh bener ajah ternyata dia lulusan universitas bla bla bla (lupa :p) pokoknya kerenlah. Katanya doi lg masa transisi keluar dr kehidupan monk jadi manusia 'normal' lagi kyk laennya. Abis ngobrol panjang lebar kita pamit sampe akhirnya gw lupa belom foto bareng dia (nasib! T__T). 


Stone giants inside Wat Pho
Golden Buddha
Prang (behind)
Chedi
the Monk & Hepi 
---------------------------------------------------------------------------------------

Cost:
  • Wat Pho Ticket: 100 Baht (kurs 315) = Rp 31.500,-
Notes:
  1. Yang penting pake pakaian sopan & ga ngelanggar peraturan selama berkunjung.
  2. Jangan lupa tuker kupon aer botol gratisnya :D

0 comments:

Post a Comment